Blog

Omah padma, Cita-Cita kecil Untuk Indonesia

Omah padma, Cita-Cita kecil Untuk Indonesia

Sejak tahun 2017, Padma Tour Organizer memiliki adik baru, Omah padma. Omah Padma, dirancang sebagai rumah budaya dan rumah edukasi yang berbasis lingkungan. Berada di ketinggian menuju kaki gunung Arjuna, kami ada di dusun Semambung, Desa capang, kecamatan Purwodadi, kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Diatas lahan seluas 3.000 m2, telah berdiri tiga bangunan utama yang masing-masing memiliki fungsi sesuai perencanaan.

1. Rumah Gallery, adalah rumah induk yang berfungsi sebagai ruang pamer karya lukis Yoes Wibowo ( pak Suami) yang selama ini dikenal sebagai pelukis realis. Saat ini Yoes mencoba berbagai gaya melukis, missal impressif, ekspresif bahkan abstract. Diharapkan para tamu dapat menikmati hasil karya senirupa, serta belajar memahami berbagai teknik dan gaya seni lukis. Tentu saja karya lukis yang dipamerkan bisa diadopsi oleh penikmatnya.

2. Gazebo dari bahan bambu dan welit, dapat menampung 30-40 orang digunakan sebagai ruang belajar dan diskusi. bahkan untuk penampilan seni dan budaya.

3. Barak Bambu dengan kapasitas 20 orang, disediakan bagi siapa saja yang ingin residensi di Omah padma, gratis bagi komunitas budaya atau sastra. Peserta hanya wajib memesan konsumsi pada penduduk setempat untuk tambahan penghasilan.

Kegiatan edukasi dan pemberdayaan lingkungan yang telah kami lakukan :

1. Kursus bahasa Inggris untuk anak-anak berusia 6 sd 15 tahun. Kursus ini gratis bagi penduduk Semambung, berlangsung setiap Minggu pagi, diajarkan Lintang Azakevin. Metode pembelajarannya sangat fun n easy, dikemas dalam bentuk menggambar, menyanyi , bermain dan menghafal serta praktek berbicara. Kami juga mengundang beberapa volunteer yang bersedia berbagi ilmu agar anak-anak mendapatkan berbagai ragam metode pembelajaran yang menyenangkan.

2. Kursus melukis bagi ana-anak.
Kursus ini juga gratis,diajarkan oleh Yoes Wibowo. Diharapkan dari dusun Semambung kelak lahir para pelukis masa depan Indonesia yang memiliki berbagai gaya.

3. Kelas Kriya untuk ibu-ibu. Kelas ini tidak rutin, bergantung pada ketersediaan volunteer yang bersedia menjadi guru. Beberapa kelas yang sudah diberikan kepada ibu-ibu antara lain: pelatihan membuat batik eco print & pelatihan membuat bross dari kain perca, menghias toples, membuat tempe, membuat Shibori.

4. Dalam rencana : kami sedang mempersiapkan pelatihan merajut untuk ibu-ibu dan remaja putri, serta membuat kerajinan bambu untuk bapak-bapak.

Bisnis Lingkungan :

Sesuai cita-cita kami untuk membuat kegiatan yang berbasis lingkungan, kami membangun bisnis lingkungan yang diberi nama JELAJAH SEMAMBUNG atau A DAY IN VILLAGE. Paket ini menggabungkan kondisi alam di Semambung, sosial dan budaya, antara lain :

  • Susur sungai dan lintas kebun penduduk sekitar 3-5 km sesuai usia peserta.
  • Makan di rumah penduduk ( peningkatan sumber daya )
  • Memainkan permainan tradisional ( pelestarian budaya ) bekerja sama dengan Kampung Dolanan
  • Melukis caping ( mendorong kreatifitas )
  • Menikmati makanan tradisional yang diolah ibu-ibu setempat

Konsep Jelajah Semambung juga bisa dibuat TREASURE HUNT atau SEMAMBUNG RACE agar lebih menantang dan menarik, biasanya dilakukan sebagai paket TEAM BUILDING kantor atau lembaga tertentu.
Beberapa kegiatan edukatif yang bisa kami selenggarakan adalah :

  • Cooking class dengan bahan local yang ada di Semambung
  • Membat ketupat
  • Membuat Jamu
  • Membuat batik Jumputan atau Sibori
  • Melukis tas
  • dll

Rencana Sosial yang akan datang :

  1. Membangun Rumah baca untuk penduduk Semambung
  2. Membuat acara FESTIVAL DURIAN mengingat Semambung adalah sentra durian, setiap penduduk memiliki pohon durian lebih dari dua pohon.
  3. Pemberdayaan lingkungan dengan pemanfaatan produksi minyak bunga kenanga yang dimiliki oleh setiap penduduk di Semambung.

Rencana bisnis jangka panjang :

  1. Membangun guest house yang di sewakan secara professional sebagai subsidi silang kegiatan social
  2. Membuat paket funbike
  3. Wisata agro dengan melibatkan kebun penduduk

Kami tahu dan sadar bahwa kami tak mampu berjalan sendiri. Kami butuh bantuan teman-teman dan kolega yang mahir di bidang masing-masing, serta memiliki hati besar untuk Indonesia kecil di Semambung.
Semoga cita-cita kecil ini dapat turut membangun Indonesia dalam skala mini, melestarikan budaya, mencerdaskan, mensejahterakan, membahagiakan. Gusti Allah yang Maha Kaya pasti tak akan membiarkan kami termehek2 sendiri.

Salam Pariwisata

Wina & Yoes