Menandai usianya yang ke-52 tahun, Wina Bojonegoro cerpenis dan novelis yang tinggal di Surabaya ini meluncurkan buku berjudul ‘Mozaik Kota Kenangan’ di AJBS, jalan Upajiwa Surabaya, Kamis (10/8).

Buku kumpulan cerpen tersebut merupakan karya ke-9 dari wanita yang bernama asli Endang Winarti. Peluncuran yang dibuat ekalusif tersebut sekaligus menandani 28 tahun Wina Bojonegoro dalam berkarya di dunia sastra Indonesia. “Alhamdulillah di usia yagn tidak muda, masih bisa berkarya. Minimal untuk diri sendiri,” akunya merendah.

Totalitas wanita kelahiran Bojonegoro ini di Jawa Timur tidak diragukan lagi. Pasalnya, sebelum eksis di dunia sastra, ibu dua anak itu karyawan pada sebuah BUMN di Surabaya. Jabatannya sebagai Humas menjadikan Wina dikenal banyak kalangan. Utamanya para jurnalis.

Memiliki karir cemerlang di dunia telekomunikasi, tidak menjadikan Wina berpuas diri. Tahun 2011, Wina mengajukan pensiun dini dari perusahaan yang membesarkan namanya itu, setelah berkarir selama 27 tahun. Selama itu, Wina aktif menulis berbagai kisah.

Ditemui PuanPertiwi di gedung AJBS, Wina mengaku suprise. Pasalnya, cerpen pertamanya berjudul ‘Orang-Orang Tersayang’ (OOT) dimuar di Majalah Pertiwi yang kini bermetamorfosa menjadi Majalah PuanPertiwi. “Alhamdulillah, ini majalah Pertiwiku yang dulu tooh? Majalah yang pertama kali memuat cerpenku dulu,” katanya dengan wajah girang. Pemilih warung Kedai Kreasi itu baru paham, jika PuanPertiwi ada di Surabaya.

Diceritakan, cerpen pertamanya di muat di Majalah Pertiwi tahun 1988 silam. Kala itu usianya masih 24 tahun dan masih tergolong baru di jajaran BUMN yang bermarkas di jalan Ketintang Surabaya. ”Bagi saya menulis itu tidak bisa lepas dari hidup dan jiwa saya,” terang Wina.

Selain menerjuni dunia sastra secara total, usai pensiun dini, Wina membuka warung di kawasan yang tidak jauh dari kantornya dulu. Namanya Kedai Kreasi. Di tempat inilah Wina mencurahkan segala kemampuannya. Bersama teman-teman di komunitas literasinya. Disamping itu Wina juga aktif di dunia travel agen. Berbendera Padma Tour, Wina sendiri mengantar keliling tamu-tamunya. Baik wisata domestik maupun mancanegara. (ita)

sumber : puanpertiwi.com

Posted by:Wina Bojonegoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *